Sabtu, 22 Januari 2011

Cara Membuat Game Menggunakan RPG Maker


Halo teman-teman, kali ini saya akan membantu anda membuat Game RPG sederhana menggunakan RPG Maker 2003. Saya akan memberitahu dasar-dasarnya saja. Selamat mencoba:
Cara membuat game-nya:
  1. Buka aplikasi RPG Maker (yang saya pakai adalah RPG Maker 2003)
  2. Buat map baru dengan cara>> klik kanan pada untitled   kemudian create New Map beri nama Mapnya (Contohnya dsini saya membuat dengan nama Rumah Ryu)
  3. Bentuk Map tersebut sesuai keinginan anda
  4. Beri Efek Suara ketika anda menginjak ground (Pijakan contoh: lantai, tanah, pasir,dll) dengan cara>>>Klik 2x pada kotak bagian tanah, Kemudian klik 2x pada event command, pilih page 3, pilih play sound effect, kemudian pilih suara yang anda inginkan.
  5. Taruh karakter anda di tempat yang anda inginkan untuk memulai game
  6. Beri teleportation(lubang keluar dan masuk seperti pintu, mulut gua, dll) untuk membuat karakter anda keluar-masuk map
  7. Beri event dengan cara klik 2x pada bagian teleportation, klik 2x pada event command, pilih page 3, pilih select teleportation place, pilih map, lalu pilih object yang akan disinggahi oleh karakter di map tersebut. (Ingat: Anda harus membuat map baru jika ingin event teleportation anda di luar map basic)
  8. Jalankan Game anda dan lihat hasilnya. Perbaiki dan sempurnakan game anda untuk menghasilkan hasil yang terbaik
Memberi Musuh atau Monster
  1. Klik 2x pada suatu object
  2. Jika ingin monster terlihat, pilihlah bentuk monster anda di graphic, jika ingin transparan, maka tidak usah dipilih
  3. Event Start Condition --> Push Key (jika battle monster tersebut menggunakan tombol keyboard) & On Hero Touch (jika ingin battle monster tersebut akan terjadi jika hero anda bersentuhan)
  4. position --> Same Level as hero
  5. Animation Type --> Common/without stepping (jika anda ingin monster itu diam) & Common/with stepping (jika anda ingin monster itu bergerak)
  6. Anda dapat mengedit gerak monster itu di Movement Type
  7. Klik 2x pada event Command
  8. Pilih Page 2, dan pilih Start Combat
  9. Pilih Monter anda. Edit bagian-bagian yang kamu inginkan, seperti Defeat Case, dll. Anda bisa melihat monster group di A Database (F8). lalu pilih OK
  10. Lalu Klik 2x pada event command dibawah victory
  11. Beri sound effect, dan tulisan (contoh tulisan: "Selamat anda mendapatkan Exp: 100 dan gold: 1000")
  12. Lalu tambah lagi event Change Exp, kemudian isi target, set, dan operand, lalu centang tanda Show Level up Message
  13. New Page, kemudian kosongkan gambar pada Select Graphic lalu berilah tanda centang pada switch yang paling atas, buat even switch pada baris yang kosong, kemudian beri nama, Lalu OK. Jangan lupa mengubah movement Typei-nya menjadi Stay Still dan Positionnya menjadi below Hero.
  14. Kembali ke page 1 dimana monstermu diedit, lalu klik 2x pada event command dibawah langkah ke-12. Lalu klik 2x, pilih page 1, dan pilih event Change Switch. Pilih switchers yang tadi kamu buat di langkah ke-13. OK
  15. Coba jalankan game anda. Kalau ada yang nggak jelas bisa ditanyakan. Saya akan menjawabnya jika saya bisa
Cara membuat Battle Random Monster pada suatu Map
  1. Klik kanan pada map anda, dan pilih map properties
  2. Isi Monster Group dengan monster yang anda inginkan
  3. Pilih encount step yang anda inginkan
  4. Selesai
Jika ada yang kurang jelas bisa ditanyakan, saya akan menjawabnya jika saya bisa. Terima kasih jika anda telah membaca posting saya .::Artikel Terkait::.

11 komentar:

Yanna mengatakan...

Berarti, qta bisa menentukan jalan ceritanya sndiri? bole tau contoh pembuatan rpg maker gak? thx :)

Fikri mengatakan...

ka kenapa klw mau coba game selal ada tuisan "event script referenced that not exsist" ?? tolong di tanggapi yaaa

RidhoGenks mengatakan...

@Fikri: Kok gitu ya... Coba ntar tak belajar lagi.

rhiendha mengatakan...

boleh minta tlg jelasin cara buat games harvest moon?
trma kash sblmnya. :)

Anonim mengatakan...

cara membuat di rpg maker itu kita harus online atau ofline...

Theofilus Felix mengatakan...

halo agan - agan sekalian masuk ke blog saya ya..
http://indonesianrush.blogspot.com/ jangan lupa follow ya!! :)

superembo ( trainer rpg maker 2003 ) mengatakan...

membuat pake rpgmaker itu OffLine
kumpulan contoh2 game rpg maker :
rpgmaker.net/games
kak ridho klo punya game
daftar ke rpgmaker.net terus upload gamenya kak ridho :)

theody mengatakan...

cara menaruh karakternya bagaimana?tolong ditanggapi.

akhmad asari mengatakan...

mengapa lebih susah buat game daripada mainnya

Fadjar maulana mengatakan...

kk Ridho tolong di trima addnya ya

sekalian minta penjesalan cara memasukan character sama monster nya,bingung
tolong di tanggapi :D

Anonim mengatakan...

http://www.aqworlds.com/aw-newuser.asp?refid=43216562

Poskan Komentar

Template by:
Free Blog Templates